Tema Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015

Selasa, 28 Juli 20150 komentar

Tema Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015 atau disebut juga tema resmi 54 tahun Gerakan Pramuka telah dirilis. Adalah melalui fans page resmi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang pada 27 Juni 2015 telah mengunggah logo resmi 54 tahun Gerakan Pramuka. Dalam logo tersebutlah, termuat tema Hari Pramuka Tahun 2015 atau tema 54 tahun Gerakan Pramuka.

Berbeda dengan tema tahun sebelumnya, yang ditetapkan melalui SK Kwartir Nasional, tema tahun 2015 belum ditetapkan melalui SK.

Adapun tema 54 tahun Gerakan Pramuka atau tema Hari Pramuka Tahun 2015 adalah "Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda".

Tema tersebut masih menitikberatkan pada pembentukan karakter kaum muda sebagaimana tema tahun sebelumnya. Di mana pada tahun 2014 tema yang diangkat adalah "Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi".



Kata "garda" dalam tema Hari Pramuka tersebut menurut Kamus Bahasa Indonesia memiliki arti sebagai "pengawal". Sedangkan "garda depan" memiliki arti sebagai barisan depan; perintis; pelopor. Garda terdepan pelaku perubahan mengandung arti bahwa pramuka menjadi barisan paling depan, perintis, sekaligus pelopor dan pengawal pelaku perubahan. Perubahan tersebut ditujukan sebagai usaha pembentukan karakter kaum muda di Indonesia.

Hari Pramuka diperingati setiap tahunnya oleh para pramuka se-Indonesia setiap tanggal 14 Agustus. Pemilihan tanggal 14 Agustus sebagai Hari Pramuka didasarkan atas sejarah kepramukaan di Indonesia. Tepat pada tanggal tersebut,  54 tahun silam (1961) Presiden RI, Ir. Soekarno, menyerahkan panji-panji Gerakan Pramuka yang dilanjutkan dengan defile untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti  oleh sekitar 10.000 Pramuka di Jakarta.

Kita tunggu saja SK Resmi penetapan tema 54 tahun Gerakan Pramuka atau tema Hari Pramuka Tahun 2015 tersebut.Sehingga kelak, kwartir maupun gugusdepan dapat menggunakan tema tersebut sebagai acuan dalam memperingati Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015 di tempat masing-masing.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kak Donny - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger